Selasa, 08 Juni 2010

Ada yang Bisa bermain Megaminx?

Baru saja saya melihat artike Megaminx di wikipedia, saya melihat gambar Megaminx ( sepertinya hanya orang jenius yang dapat menyeliesaikan itu dengan cepat ) haha, saya sih belum pernah bermain rubik yang kayak gitu, rubik yang saya punya cuma rubik standar 3x3x3, dan 4x4x4.

Megaminx adalah semacam Rubik yang terdiri 6 atau 12 warna dan berjumlah 50 pieces. Megaminx terdiri atas 12 center pieces, 20 corner, dan 30 edge.

Saya baru saja ngeliat dari web lain, cara" ngesolve rubik kayak gini
Caranya:

1. Buat bintang
secara intuitive, kita bisa melakukan hal ini. jika kita pernah menyelesaikan 3×3, maka hal ini mirip penyelesaian plus bagi yang menyukai F2L.

2. selesaikan 1 layer
sama masih seperti di atas, kita juga bisa menyelesaikannya secara intuitive. cm pekerjaan yang kita kerjakan bertambah sedikit. yah namanya jg sisi yang dimiliki megaminx lebih banyak.

3. menyelesaikan layer 2, hingga sebelum layer terakhir
algoritma yang digunakan sama seperti menyisipkan edge pada layer-by-layer. kita akan ulang-ulang algoritma ini hingga bertemu corner. untuk corner, kita bisa gunakan intuitive, dan berikutnya kita gunakan lagi algoritma yang sama.

untuk edge pada layer transisi (istilah pribadi), yakni layer transisi antara bagian bawah dan bagian atas, memang bisa dipergunakan algoritma yang sama. akan tetapi, ada sedikit tambahan, yakni kita harus berhati-hati dalam menyisipkan edge. sering kali kita berhasil menyisipkan satu edge, namun edge yang lain rusak.

saya pribadi lebih menyukai menyisipkan edge di atas. hal ini dilakukan membawa edge yang disisipkan ke atas, lalu menyisipkan, dan dikembalikan lagi. sampai di sini, jika kita bisa menyelesaikan 3×3 sebelumnya, maka kita akan dapati sisa 1 layer yang belum tertata.

4. menyelesaikan layer terakhir.
untuk menyelesaikan layer terakhir, cukup banyak algoritma yang bisa kita lakukan. ada yang mengatakan : “gunakan algoritma PLL”. saya sendiri belum memahami algoritma PLL. tapi setelah browsing sana-sini, akhirnya dapat 3 algoritma di bawah ini.

Permutasi bintang
Fungsi : meletakkan bintang pada lokasi yang sesungguhnya.
syarat : 2 lokasi benar ada di front dan left.
Rumus : R, U, R’, U, R, 2U’, R

Permutasi Sudut
Fungsi : meletakkan sudut layer terakhir pada lokasi yang sesungguhnya.
syarat : 2 lokasi benar ada di front left, dan front right.
Rumus : U’, L’, 2U, R, 2U’, L, 2U, R’, U’

membetulkan sudut
fungsi : membalik warna pada sudut ke lokasi akhir
syarat : lokasi salah di right
Rumus : R’, B’, R, B, R’, B’, R, B



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 Komentar: on "Ada yang Bisa bermain Megaminx?"

Rafly 'Speedcuber' Mania mengatakan...

Salam kenal. Aku mau kasih tahu nich cara bermain megaminx yang benar, soalnya aku sudah belajar megaminx dalm waktu satu hari aja dan dapat solve. Ingin kasih saran aja, untuk permutasi edge pada layer terakhir gunakan rumus R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L. Lakukanlah terus menerus maka edgenya akan berada pada posisi yang benar. Bisa juga anda menggunakan algoritma khusus untuk solve megaminx, ini alamat websitenya :
http://denydatogar.wordpress.com/2010/04/02/tutorial-megaminx/

Semoga membantu. Langkah2 yang harus dipenuhi untuk menyelesaikan megaminx :
1. Dibutuhkan kemampuan menyelesaikan megaminx secara intuitif.
2. Harus menguasai sebagian besar algoritma pada rubik 3x3, terutama OLL dan Rumus yang aku cantumkan diatas.
3. Juga kuasailah 2 Algoritma permutasi corner khusus untuk megaminx yang terdapat pada alamat website diatas.

Dengan menguasai 3 poin diatas, maka anda dapat menyelesaikan megaminx dalam waktu beberapa menit saja. Selamat mencoba dan semoga sukses. :D

Posting Komentar

Berikan saran serta komentar yang dapat membangun, untuk bertanya juga diperbolehkan :D