Sabtu, 05 Juni 2010

Processor Intel Terbaru 48 cores


Setelah saya membuat artikel tentang Processor AMD 12 core, ternyata Intel Akan membuat yang lebih yaitu intel 48 cores

Tidak tinggal diam dan berpuas diri dengan keberhasilan dominasi seri processor Intel Core, belum lama ini Intel menginformasikan hasil demonstrasi ekperimental terbarunya, yaitu sebuah processor dengan 48-core processor di dalamnya. Processor dengan 48-core ini disebut "Single chip Cloud Computer" oleh intel, dan memiliki kemampuan proses komputasi sekitar 10 hingga 20 kali lebih hebat dibandingkan processor Intel Core yang tersedia sekarang. Wajar, mengingat jumlah core processor yang tersedia pada processor ini.

Tujuan jangka panjang penggunaan 48-core processor ini adalah untuk pengembangan penggunaan komputer dengan aplikasi baru, dan human-machine interface di masa mendatang. Meski tidak akan tersedia untuk kebanyakan pengguna komputer dalam waktu dekat ini, processor eksperimental dengan 48-core ini akan disebarkan oleh intel ke setidaknya 100 pihak di tahun 2010 mendatang, untuk bidang penelitian akademis, dan pengembangan di bidang industri untuk pengembangan software aplikasi dan model pemrograman untuk processor dengan banyak core di masa mendatang.

Dengan menyediakan prototype processor 48-core untuk pengembangan software dan pemrograman, akan membantu pihak pengembang untuk membuat aplikasi yang dapat dengan efektif memanfaatkan banyak core yang tersedia pada processor. para pengembang dari Intel, HP dan Yahoo! Open Cirrus sudah berkolaborasi mengembankan aplikasi cloud memanfaatkan processor Intel Architecture dengna 48-core ini, menggunakan Hadop, software framework dari Java untuk aplikasi terdistribusi dengan proses data yang intensif. Intel dan Microsoft pun juga bekerja sama untuk lebih mengksplorasi pemanfaatan procesor dengan banyak core, seperti processor ini di masa mendatang.

Meski memiliki demikian banyak core processor, processor ekperimental ini tetap efisien dalam konsumsi daya. Processor 48-core ini hanya membutuhkan daya 125 watt saat bekerja dengan kinerja terbaiknya, dan hanya membutuhkan sekitar 25 watt saat idle. konsumsi daya yang sama dengan konsumsi daya yang dibutuhkan processor Intel terkini yang tersedia di pasaran.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 Komentar: on "Processor Intel Terbaru 48 cores"

Posting Komentar

Berikan saran serta komentar yang dapat membangun, untuk bertanya juga diperbolehkan :D